Pembagian Tugas yang Kandas



 
gambar dari pixabay
 Apa kabar puasa kedelapan? Masih kuat, kan? Yes. Kali ini saya bakal mencoba menulis kisah inspiratif dengan bahasa ala remaja. Kejadian yang  juga dilakukan remaja, cerita ini terinspirasi dari kakak kelas saya. Demi kenyamanan privasi, nama tetap saya samarkan. Ok. Selamat membaca!
.
.
Gue yakin elu semua punya cerita gokil. Kenangan yang bikin cengar-cengir pas lagi tapa di kamar kecil (kalau inget). Gue juga punya pengalaman. Ini sudah lamaa banget. Pokoknya jangan ditanya tahun berape, gue kagak mau dikatain tua! Ya iyalah elu bakal ngomong gitu, kalau gue bocorin tahun peristiwanya.

Gue punya teman, namanya Via. Doski jago banget semua pelajaran, terutama pelajaran eksakta. Asli gue merasa beruntung, karena bisa sebangku dengan doski. Sayangnya, Via tuh gampang pingsan. Dikit-dikit sakit. Gue juga enggak tahu sih, sakitnya apa. Kalau sakitnya diibaratkan majalah, maka Via adalah pelanggannya.

Via anaknya enggak pelit. Kalau pas ulangan, dan gue kagak tahu jawabannya, doski mau tuh kasih contekan. Bukan hanya satu nomer, lima, enam, bahkan lebih, doski juga rela. Sumpeh dah pas nyontek itu, gue kagak maksa. Wajah gue juga kagak serem, cenderung imut malah. Hahahah. Cut, ada biji cabe nyelip!

Selain Via, gue juga punya temen namanya Isti. Isti ini pendiam. Mirip lah sama gue kalau tanggal tua. Isti tuh doyan belajar. Semua pelajaran. Jadi, gue dikelilingi orang-orang keren lah intinya. Pinter pinteeer.

“Anak-anak, besok ulangan Kimia!”
Busyet dah. Guru Kimia gue emang ajaib. Doyan banget ngasih ulangan. Besok pan jam pertama. Huh! mana gue kudu jalan jauh lagi. Gue kan pengen telat besok. Ngapain juga pakai ulangan segala?

“Bab berapa sampai berapa, Pak materinya?” tanya gue, pura-pura antusias, padahal kesel.
“Pokoknya pelajari semua. Tidak ada batasan bab.”
Mampus dah gue.

Elu-elu tahu kagak? Sebelumnya, dua pelajaran lain juga mau ulangan besok. Matematika sama Fisika. Kebayang kan tiga pelajaran yang uwaow ulangan bareng?

Paling males sama pelajaran Kimia. Rumus dan istilahnya bikin mual. Sebenarnya gue bukan juga type anak yang enggak mau mikir, tapi gue lagi males banget nih buat belajar. Oke lah, bagi-bagi tugas ah sama Via dan Isti. Dengan demikian, gue kagak perlu banyak belajar. Cukup belajar bagian gue saja. Yihui!

Beneran tuh kita kompakan bagi tugas. Gue belajar Matematika, Via Kimia, dan Isti Fisika.

Serius nih, gue beneran enggak buka buku Kimia dan Fisika. Buku cetak gue juga raib. Sudah gue cari-cari dari ujung meja sampai ujung tempat tidur, belum juga ketemu. Yah! Mending baca-baca buku lain saja deh. Kimia dan Fisika kan tugas Via sama Isti.

Paginya, gue berangkat lebih pagi. Rencana telat, gue batalin.

Gue bersiul-siul kecil. Ya! gue memang cewek, tapi gue doyan bersiul. Sering banget gue dimarahin bokap di rumah, “Anak cewek kok bersiul!” gitu doang tegurannya.

Gue sudah duduk manis di kursi. Tempat duduk gue dan Via ada di baris pertama. Isti duduk di belakang gue. Biasanya, habis nulis soal di papan tulis, pak guru bakal nunduk. Itu moment paling pas buat nyontek.

 Bel berbunyi.
Gue masih duduk sendiri. Via belum juga nongol. Gue mulai gelisah pas pak guru menulis soal di papan tulis. Gila aja nih, Via ke mana? Asli, gue super panik. Dan sampai pak guru kelar nulis soal, Via belum juga kelihatan.

Gue ngelirik Isti. Doski tetap tenang. Gue yakin, Isti pasti belajar semua pelajaran. Makanya doski anteng saja, pas tahu Via belum nongol.

“Assalamu’alaikum.”

Semua melihat arah pintu kelas, termasuk gue. Itu? Si Lika? Lika kan teman sekamar Via. Terus, ngapain dia ke kelas ini? Nah, lo. Di tangannya apaan tuh? Ampuuun deh. It-it-it—?

“Maaf, Pak. Mbak Via sedang kambuh sakit kepalanya. Hari ini, dia tidak bisa masuk. Ini saya mengantar surat izinnya.”

Damn.

Itu surat izin Via?
Gue melongo.
Gagal total, kagak jadi nyontek. Itulah hari di mana gue mati gaya. Garap soal tanpa bisa nyontek sama Via. Tobaaat!

Catatan : dilarang tanya, waktu entu gue kelas berapa!

Makanye, elu pade kalau belajar nyang bener. Sok-sokan mau nyontek kayak gue? Bisa lebih apes lu daripada gue! [] 

Pondok Cahaya, 03 Juni 2017



Comments