Membuat Gambar Efek Pensil untuk Foto Secara Mudah dan Gratis

 


Kapan ya bisa melukis? Bikin sketsa juga boleh deh. Nanti diwarnai sendiri. Ternyata ada lho membuat gambar efek pensil untuk foto secara mudah dan gratis. Kita tidak perlu pusing-pusing belajar desain grafis, apalagi melukis.  Mau tahu bagaimana caranya?


Pertama kali tahu ada buku teman yang dipegang artis luar negeri, saya pikir mereka ngutak-atik photoshop sampai gempor. Atau setidaknya minta tolong bikinin sama yang sudah gape, jika dia belum bisa. Eh, ternyata saya keliru. Padahal, saya sudah menebak-tebak kalau teman saya itu selain jago nulis, juga ahli photo editing. Duh, keahlian kok komplit banget sih?

Teman saya itu memakai jasa picjoke.net. Dia memberikan alamat webnya pada saya. Saya pun ikutan. Pertama-tama saya ikut apa yang dia lakukan. Membuat gambar buku antologi saya seolah ada di gedung bioskup. Setelah membaca dan mengamati, saya mendapatkan hal lain yang lebih asyik. Membuat foto berwarna kita menjadi gambar pensil.

Ada picjoke.net yang bakal membantu kita. Caranya tinggal mengikuti aturan main yang ditawarkan. Kita tidak perlu khawatir dengan bahasa, karena picjoke.net menawarkan banyak bahasa, termasuk Indonesia. Santai, yang belum canggih bercas-cis-cus, enggak usah galau.

Sebelumnya, picjoke.net itu apaan, ya?
Ini merupakan layanan edit foto online yang menawarkan berbagai macam bingkai secara gratis. Kita bisa membuat kolase fota siapa dan apa saja di sana. Tinggal memilih model yang diinginkan. Foto berubah menjadi menakjubkan.

Untuk membuat efek seperti sketsa atau gambar pensil difoto kita, berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke picjoke.net

Pertama kali, kita akan diperlihatkan gambar bendera dari berbagai negara. Pilih satu bendera yang itu menunjukkan bahasa yang akan kita pakai.
2. Scroll down sampai terlihat gambar sebagai berikut : 



(Mohon maaf, karena masih belajar, saya belum tahu bagaimana cara melingkari lokasi yang dibutuhkan dalam tutorial. Nanti saya belajar dulu, ya).

3. Klik kategori Gambar pensil (baris kedua dari atas, sebelah kiri).

4. Pilih model. Saya memilih model N-620 (bisa diketahui dengan cara meletakan kursor di sana).


5. Klik.

6. Akan terlihat seperti di bawah,  (karena saya sudah berulang kali upload foto, maka ada foto-foto koleksi saya di sana. Bila belum, maka klik 'Browse', untuk memilih foto yang ingin kita edit.


7. Setelah foto yang kita inginkan muncul, klik 'Membuat Gambar'.

8. Tunggu sebentar. (saat menunggu juga dipengaruhi cepat atau lambatnya jaringan, ya. Dan itu tuh, cek dulu kuotanya. Jangan-jangan sudah merana).

9. Gambar efek pensil untuk foto secara mudah dan gratis sudah jadi. Seperti di bawah ini gambar yang sudah saya edit. Perhatikan bedanya dengan gambar before, di bawahnya.

After
Before

11. Sekali lagi, pastikan kuota mencukupi bila keseringan ingin mencoba. Ah, ini sebenarnya mengingatkan diri sendiri. Mudah banget, ya? Bagi teman-teman yang sudah tahu, maaf bila saya membuat postingan yang sok tahu. Boleh lah dilempar senyuman.

Itu tadi tutorial sederhana saya. Bila masih bingung, bisa bertanya atau malah memberi masukan. Tidak hanya membuat gambar efek pensil, picjoke.net juga menyediakan fasilitas lain yang bakal membuat foto-foto kita berbeda. Bisa kita gunakan pada saat tergesa dan foto berbeda harus segera di posting. Semisal untuk kejar deadline Liga Blogger Indonesia misalnya. Hehe.

Penasaran? Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan postingan bebas babak kualifikasi Liga Blogger Indonesia




Comments

  1. terima kasih kerana sudi berkongsikan info yang bermanfaat ini..

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali mbak..kapan-kapan saya coba deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba. Teteeep, cek kuoata. Oops.

      Delete
  3. Wah, cepet juga ya tuh buat sket begitu wkwk bisa bisa dicoba. :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Hihihi. Teman saya yang ngasih tahu, Teh ...

      Delete
  5. mudah, praktis, gratis dan hasilnya oke. Nanti mau coba ah :))

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh. Eh, udah komen di tiga postingan saya aja, nih, Mbak Gilang. Saya tak BW balik dulu. Hehe.

      Delete
  6. Waah... Gampang kalau pakai ini yah. Hasilnya juga bagus

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ... sangat senang bila Anda meninggalkan komentar, atau sharing di sini. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Salam santun sepenuh cinta
Kayla Mubara