Manfaat Garam untuk Kecantikan dan Kesehatan

GambarMilikPribadi

Hari Rabu yang lalu, blog ini memosting tentang bagaimana jika kita terlalu banyak mengonsumsi garam. Kali ini ada beberapa manfaat garam bagi kecantikan. Selain sebagai bumbu masak, garam juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan dan juga kesehatan. 

Sebagai apa sajakah itu?


1. Mengangkat sel kulit mati.

Gunakan garam sebagai scrub yang akan membantu kulit tambah bercahaya. Kita juga bisa memakainya sebagai lulur bila dicampur dengan minyak Zaitun. Cara membuatnya adalah : 1/4 cangkir garam, dan minyak Zaitun secukupnya. Setelah keduanya dicampur, balurkan pada kulit tubuh sebagaimana memakai lulur biasa. Pijat ringan, dan bilas. Gunakan sabun yang lembut. Tidak dalam waktu lama, kulit akan terlihat lebih bersih dan cerah. Wah, ini cocok banget untuk saya yang sedang mengencangkan dompet. Apalagi tanggal sudah di penghujung bulan.

Kandungan  vitamin A, B1, B2, C, E, K, serta Zat Besi pada minyak Zaitun yang berpadu dengan Natrium serta Klorida pada garam lah yang membantu mengangkat sel kulit mati, juga mengangkat kotoran pada kulit. Sedangkan vitamin E dalam minyak Zaitun dapat meresap ke dalam pori-pori kulit.

2. Sebagai anti bakteri.

Garam juga bisa dijadikan untuk anti bakteri. Bagi wajah yang berjerawat, garam dapat membatu menghilangkan musuh para gadis (wanita). Campurkan dua sendok teh garam dengan empat sendok teh  madu murni. Setelah diaduk, langsung bisa dioleskan ke wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit layaknya kita memakai masker, kompres memakai handuk hangat, baru dibilas dengan air biasa. Tapi, yang menjadi catatan adalah, bila dalam satu minggu perawatan ini tidak membekaskan hasil yang berarti untuk jerawat di wajah Anda. Sebaiknya segera ke dokter. Karena, kondisi kulit serta jerawat tiap orang bisa berbeda-beda.

3. Mengurangi kadar minyak pada kulit wajah berminyak, dan menyegarkan kulit kering.

Bila wajah Anda cenderung berminyak. Ada cara murah yang aman dapat dicoba. Yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan 400 mili air hangat. Masukkan keduanya dalam botol semprot, maka garam akan larut. Kita bisa menyemprotkan pada wajah sehari dua kali. Menurut Dokter OZ ini juga bisa meremajakan kulit.

4. Sebagai detoks, untuk facial, bahkan toner.

Campurkan satu cangkir garam ke dalam bak mandi air hangat Anda. Mandi setengah jam dengan air garam bermanfaat sebagai detoks kulit dan bisa mengurangi bengkak pada tubuh. Ini juga meredamkan ruam akibat alergi dan infeksi.

Bila untuk facial, kita bisa menyampurkan garam ke dalam minyak facial. Usapkan, pijat dengan memutar, lalu bilas sebagaimana biasanya.  

Untuk toner. Kita dapat menepuk-nepuk hingga kering setelah menyemprot sebagaimana cara nomor tiga.

5. Mencerahkan kuku kuning, dan kuku  yang gampang patah.

Jika kuku kita kuning, rapuh dan mudah patah. Maka campur lah semangkuk air hangat, 1/2 sendok teh baking soda, dan  tiga sendok teh perasan lemon dengan satu sendok teh garam. Perhatikan baik-baik apakah kulit kita luka? Jika iya sebaiknya tunggu sampai luka kering, sebelum merendamnya. Bila aman, langsung rendam dan gosoklah kuku dengan sikat yang lembut. 

6. Meredakan lelah dan linu pada kaki.

Cukup dengan merendam kaki yang lelah pada air hangat bercampur garam. Sensasi relaksasi yang kita rasakan bisa meredakan sakit serta linu-linu pada kaki. 

7. Membantu menyegarkan napas, dan membersihkan gigi.

Kita bisa menyampur air, garam, dan baking soda untuk berkumur-kumur. Hasilnya napas bertambah segar serta gigi lebih bersih.

8. Meredakan bengkak pada mata.

Jika dikonsumsi secara berlebih bisa mengakibatkan bengkak, maka bila dikompreskan air hangat bercampur garam, maka bengkak pada mata bisa berkurang.

Dengan harga yang murah, ternyata bisa merawat kecantikan dan kesehatan. Luar biasa. Semoga bermanfaat.

Sumber :

1. http://kabarimbo.com/5-manfaat-garam-untuk-kulit/
2. http://drozindonesiatranstv.blogspot.com/2015/04/dr-oz-tips-manfaat-garam-untuk.html
3. http://wolipop.detik.com/read/2014/12/01/171403/2764380/234/10
4. vemale.com

Comments

  1. waduh baru tahu aku, yang aku tahu hanya menghilangkan pegel sama rasa sakit gigi. Thanks sharingnya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mba infonya. Baru tau..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mba infonya. Baru tau..

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali manfaatnya ternyata hahaaa.... Aku punya garam banyak banget nih, buat ngusir ular. Duuuh stress nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, memangnya tinggal di mana kok banyak ular?

      Delete
  5. Mbak klu garam kena wajah jerawat enggak perih? btw terima kasih infonya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ... sangat senang bila Anda meninggalkan komentar, atau sharing di sini. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Salam santun sepenuh cinta
Kayla Mubara