Purbasari Pancuran Mas, Destinasi Kota Perwira yang Juara


 
 google doc.
Menurut Organisasi Pariwisata Dunia, Pariwisata—Turisme berarti suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. 

Hampir setiap orang mendambakan dapat pergi berlibur setelah berhari-hari disibukan dengan rutinitas yang sama. Ada yang memiliki planing—perencanaan berwisata dalam beberapa periode sekali. Ada juga yang mendadak. Tidak jarang menempatkan suatu lokasi sebagai satu destinasi—tujuan wisata, baik jaraknya jauh dari tempat tinggal atau dekat.

Jawa Tengah sebagai Provinsi yang memiliki banyak daerah untuk berwisata, tidak dapat dipandang sebelah mata. Satu kabupaten yang pernah mendapatkan penghargaan di Bulan Desember 2013 adalah Purbalingga. Kabupaten yang memiliki semboyan Perwira (Pengabdian, Rapi, Wibawa, Iman, Ramah, dan Aman) ini mendapat penghargaan bergengsi “The Most Improved” dalam The Travel Tourism Award (TCTA). Sebuah penghargaan bergengsi di bidang pariwisata. Menurut Manajer Bisnis dan Pengembangan El John Indonesia, Andrew, Purbalingga layak terpilih menjadi The Most Improved karena ada pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun di sektor pariwisata.

Lalu
Lokasi wisata seperti apakah hingga mendapatkan keistimewaan tersebut?
Saran saya, sebaiknya Anda benar-benar memiliki waktu lebih dari 3 jam jika datang bersama putra-putri Anda. Hingga, mereka bisa leluasa menikmati berwisata dengan leluasa. Alasan lain, Anda akan menjawab dengan mengangguk begitu datang ke tempat ini. tidak cukup dengan lima kata sebagai ungkapan;  i-n-d-a-h.

Luangkan sejenak waktu Anda, dan mari baca sebentar tentang satu tempat yang menjadi kebanggaan kota dengan makanan khas mendoan. Purbasari Pancuran Mas (selanjutnya saya tulis dengan PPM). Lokasi buatan di atas tanah seluas 6 hektare ini merupakan taman rekreasi sekaligus wahana pendidikan raksasa.

PPM sebelumnya lebih dikenal dengan akuarium raksasa Purbayasa. Dulu tempat menyimpan ikan air tawar raksasa dari Amazon (Arapaima Gigas). Sekarang ikan tersebut masih ada, namun lokasi berganti nama dan fasilitasnya dikembangkan.
Bagian-bagian yang ada di PPM antara lain :

1.      Di dekat tempat pembelian tiket ada ruang akuarium raksasa—dua lantai. Di sini puluhan ikan tinggal di dalam dinding kaca. Ada belut listrik dan ikan raksasa yang sudah saya tuliskan di awal tadi.

2.      Selanjutnya ada kolam yang bisa membantu kita menikmati sensasi gigitan ikan-ikan terapi.


3.      Kemudian terdapat taman yang luas sebagai area utama nan sejuk. Bangku-bangku, gazebo, dan pendopo akan menyambut dengan ramah para wisatawan yang datang. Anda bisa menikmati angin sepoi yang berembus, bekal yang dibawa, atau selfie dengan teman.


4.      Ada Exotic Bird Park. Burung-burung eksotis nan menawan ditempakan di dalam sangkar-sangkar.
5.      Kebun koleksi tanaman dapat mengenalkan putra-putri Anda pada nama ilmiahnya. Di sini ada kebun buah naga yang membiarkan daun-daun kokohnya menjalar, seolah mengucapkan selamat datang.

kompasiana
6.      Waterboom. Bersiap-siaplah menemani putra-putri Anda untuk seru-seruan di sini. Sebagian besar anak-anak sangat menyenangi air.
Waterboom. Sumber www.purbasaripancuranmas-grup-com
7.      Pancuran Mas yang ada di tengah sawah akan menghadang Anda setelah dari waterboom. Bila cuaca sedang memungkinkan—cerah, Gunung Slamet ikut tersenyum menyambut kehadiran Anda. Terlihat jelas.

8.      Berbagai gerai makanan dan minuman yang siap menemani rasa lapar Anda sudah menunggu. Ada berbagai makanan tersedia, termasuk mendoan. Jika ingin dengan suasana sedikit berbeda, Anda bisa memilih foodcourt yang terdapat di tepi danau. Tempat ini memiliki kesan setengah terapung.

Oke.
Selamat berwisata ke Purbasari Pancuran Mas di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga.


Sumber : dari sini dan artikel lain yang mendukung.







Comments