Mobil Sporty Penggoda Mimpi


Ford; google doc.

Setiap orang memiliki impian, satu di antaranya mungkin ingin memiliki mobil; seperti saya. Dalam dunia otomotif dikenal dua jenis mobil, yaitu MPV dan SUV. MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle—memiliki kenyamanan serta handling mendekati kenyamanan mobil sedan atau station wagon dan didesain untuk memiliki interior maksimum. Prioritas utama daripada konsep mobil MPV adalah daya angkut untuk penumpang lebih banyak, sehingga cocok untuk mobil keluarga.

Sedangkan SUV diambil dari singkatan Sport Utility Vehicle merupakan paduan antara sedanstation wagon dengan mobil jeep. Mobil SUV di golongkan menjadi beberapa tipe mulai Low SUV, Medium SUV, High SUV dan Double Cabin.
Tujuan dan prioritas utama pengembangan mobil jenis SUV adalah untuk mendapatkan kemampuan mobil dalam menembus berbagai medan, dalam hal ini termasuk di
dalamnya adalah medan off-road.

Yang saya idamkan adalah jenis SUV; Ford EcoSport Titanium transmisi matic warna merah. Harga mobil ini di atas 200 Juta. Mahal? Tergantung yang menilai. Ada yang bilang mahal, ada pula sebaliknya. Terlepas dari persoalan harga, saya memiliki beberapa alasan kenapa bermimpi memilih mobil tersebut. 

Pertama: tampilannya memang sporty banget. Saya merasa aura sporty dapat memberikan energi positif bagi seorang Ibu Rumah Tangga seperti saya. Bukankah seorang ibu dituntut untuk lincah? Selain itu—dulu kebetulan saya gila olah raga, setelah menikah gelora itu mulai redup. Siapa tahu setelah memimpikan mobil gaya sporty, terus ikutan semangat untuk membakar kalori. Oops! Ini sih keterlaluan, masa olah raga menunggu punya mobil.

Kembali ke alasan selanjutnya, yaitu alasan kedua: saya tinggal di Yogyakarta, jika akan silaturahim ke arah barat, ada adik saya di Kebumen, eyang  di Cilacap, dan mamah di Bekasi. Sepertinya seru jika bisa pergi bersama suami dan anak-anak memakai mobil 1500 cc ini. Jalanan yang kadang rata, kadang berlubang dapat ditaklukan mobil ini. Bagi yang terbiasa melewati jalur Yogyakarta-Kebumen-Cilacap-Bekasi, tahu banget soal medan ini. Setuju, kan jika Ford EcoSport cocok melewatinya?

Sedangkan jika saya mau silaturahim ke arah timur. Ada adik saya di Kertosono—Jawa Timur, dan Ibu mertua di Madura. Kebayang indahnya berkendara. Sudah tertebak kan kenapa saya memilih Ford janis ini? Ya! Bodinya yang tangguh sangat mendukung bila akan bepergian jauh, pun melewati medan yang tergenang air. 

Alasan ketiga: kedua anak saya adalah laki-laki (ini bicara saat ini, jika Yang di Atas berkehendak menambah, saya tiada pantas menolak), mobil ini cocok juga buat mereka. Idih, baru mimpi masa udah pelit—itu  lho berencana bareng-bareng pakai kendaraan dengan anak. Justru inilah tantangannya. Bermimpi hemat; tidak terlalu banyak memakai mobil bukankah mengurangi polusi?

Selanjutnya alasan keempat: saat memimpikan mobil ini, saya belum bisa nyetir. Menurut informasi, teknologi Hill Launch Assist yang ada di Ford EcoSport cocok untuk pengemudi pemula. Tidak perlu khawatir mobil akan mundur secara tiba-tiba pada saat memindahkan pedal gas ke pedal rem. Karena ada jeda. Selain itu ada fitur Smart Keyless Entry—berfungsi  membuka pintu secara otomatishanya menekan tombol di dekat pengemudi.  Ada laci di bagian bawah kursi penumpang yang cukup untuk menyimpan laptop maupun bento—ini mendukung kebiasaan menulis saya.

Menurut beberapa informasi ada bayak USB dan sambungan port untuk ponsel, serta fungsi stereo yang secara otomatis dapat mengubah volume suara menjadi lebih kecil saat kecepatan berkurang. Hmm. Jelas nyaman.

Berikutnya; alasan kelima: Ford tangguh ini ekonomis bahan bakar, sebab menekankan pada penggunaan mesin yang dapat meminimalkan konsumsi bahan bakar, bukan sekadar mengikuti trend pemakaian fitur seperti mobil keren umumnya.

Alasan keenam: ada fitur unik yang memungkinkan menggeser beberapa AC ke arah kotak sarung tangan.  Saya dapat mengisi kotak tersebut dengan enam minuman yang saya sukai sehingga dalam perjalanan para penumpang dapat meminumnya dalam keadaan dingin. Tidak perlu khawatir bila ingin minum air putih usai menikmati soda, karena pintu depan Ford EcoSport didesain untuk mampu menampung botol minum dengan kapasitas 1,5 liter. 

Ketujuh: bagasi atau ruang penyimanan yang dimiliki Ford EcoSport cukup luas, bahkan mampu membawa sebuah mesin cuci kecil serta peralatan olah raga dan kandang Anggora selama berkendara. Cukup praktis bila berpergian dalam waktu yang cukup lama. 

Kedelapan: Sistem AC Ford EcoSport sangat efektif sehingga mampu mendinginkan kabin interior yang semula 65 derajat Celcius menjadi di bawah 30 derajat selsius—hanya 10 menit.

Bagi saya, tidak menjadi soal apakah mobil baru, atau mobil bekas. Dengan catatan bekasnya masih berkualitas. Masih menurut saya, mobil ini masuk kategori mobil keren dan tidak bisa dianggap mobil murah. Itulah mobil SUV  yang menggoda mimpi saya.

Tolong pegang tangan saya ... kuat.
 Sepertinya kaki ini mulai melayang dan mata memejam memimpikan Ford EcoSport Titanium transmisi Matic. Demikian mimpi dan alasan yang dapat saya tulis. Sambil berharap ada yang sedang menyiapkan kejutan berupa mobil dengan berbagai fitur menarik yang canggih—seperti  adanya Hill Launch Assist, Smart Keyless Entry, dan Ford Power Start. Sekian.

Jumlah kata : 771 kata
Informasi fitur Ford EcoSport Titanium transmisi Matic : dari berbagai sumber.
Tulisan diikutkan pada Lomba Menulis Blog yang diadakan Raja Mobil.

Khulatul Mubarokah adalah seorang Ibu Rumah Tangga—Freelance Writer —pemimpi Ford EcoSport Titanium transmisi Matic—warna merah.

Comments