Di Antara Manfaat Beras Kencur


gambar beras, dari google

gambar kencur, dari google
Beberapa hari yang lalu anak saya jatuh dari mobil pick up. Pelipis sebelah kanannya bengkak sebesar telur ayam, pipinya merah; membalur seperti dicakar binatang berkuku. Saya belum tahu bagaimana cara mengempiskan atau mengurangi volume benjolan di pelipisnya itu. Akhirnya saya membuat status di facebook, dan Alhamdulillah mendapatkan cara yang mudah, murah, dan berkhasiat dari komentar teman-teman.

Di sini saya ingin berbagi tentang ramuan ajaib itu.

Lebih dari 30 menit setelah jatuh dan dibersihkan lukanya. Bagian yang luka saya borehkan campuran tepung beras dengan parutan kencur, dan sedikit air. Sekitar 4 jam volume benjolan sudah berkurang dan anak saya kembali bermain.

Bagaimana cara membuat campuran itu?

- Sederhana saja. Ambil dua ruas kencur, atau sesuaikan dengan volume luka.
- Parut kencur setelah dicuci.
- Campurkan dengan tepung beras (saya memilih tepung beras, karena mau menumbuk beras merasa kurang cepat).
- Berikan beberapa tetes air agar lunak campurannya.
- Borehkan pada luka yang bengkak dan lebam.

Ramuan ini cepat kering. Sebaiknya bersihkan bila luka sudah berkurang volumenya. Yang saya lakukan pada anak saya (kebetulan luka di pelipis) adalah tidak membasahinya saat mandi. Saya bersihkan saat dia tidur karena usianya masih kurang dari dua tahun. Anak yang lebih besar In Sya Allah lebih mudah di arahkan.

Mudah-mudahan tulisan dan resep obat ini bermanfaat.
Semoga putra-putri kita tumbuh sehat dan sesuai dengan do'a-do'a yang kita panjatkan. Aamiin

Salam santun
Kayla Mubara (Khulatul Mubarokah)

Comments