Tempat Dinamis Belajar Menulis

Saat ini banyak grup kepenulisan bertebaran di dunia maya. Tak jarang seorang pembelajar yang baru memulai menggerakkan pena merasa bingung, "Grup mana yang sebaiknya diikuti?" Banyak pertimbangan yang bisa dipertanyakan. Misalnya, "Mana yang bisa membantu saya melecut diri agar bisa menulis?" atau, "Mana yang bisa membuat saya memiliki rekan untuk membuat link?" Ya kan enggak apa-apa membuat jaringan terlebih dahulu sebelum menjadi penulis kece. Fine. Semua oke-oke saja. 

Untuk pertama kalinya saya mau menulis pendapat saya tentang LovRinz And Friends. Grup ini biasa disingkat dengan LRF. Menurut pengamatan saya, grup ini sangat kondusif, dan dinamis. Member yang masuk--bila diibaratkan membawa ember kosong, dia bisa mengisinya. Baik sedikit atau banyak, tergantung kemauan, juga kemampuan.

Para admin tidak sungkan memberikan bimbingan, dengan catatan member juga aktif bertanya. Jika member sebatas silent reader, akan lain cerita.

Sejak awal, LRF gencar mempelajari FF (Flash Fiction). Sebuah fiksi dengan batasan kata maksimal 300, jenis tulisan ini tidak bisa dianggap enteng. Saya sendiri masih sering belum berhasil menembus kategori yang saya bengongkan. Jika rajin, semua merangsang keluwesan kita dalam bertutur aksara.

Grup tertutup ini juga aktif mengadakan event.Sebab, foundernya, Mbak Rina Rinz juga berijtihad mendirikan penerbit sendiri atas nama LRF Publishing House. Buku-buku yang diterbitkan seperti sepasang suami istri yang selalu hidup di musim semi. Jarak lahirannya tidak terlalu jauh, namun kualitasnya tidak bisa dilihat sebelah mata. 

Admin lain juga memiliki keunikan masing-masing. Suasana kekeluargaan begitu terasa di sana. Satu yang menjadi catatan sementara saya. Grup ini kebanyakan membernya adalah wanita. Semoga yang laki-laki tidak mengajukan surat protes terhadap saya.

Coba klik ini untuk melihat grup tersebut, atau bergabunglah dan selamat belajar. Tidak ada paksaan, apalagi tindakan disertai ancaman. 

Grup ini cocok untuk pemula dengan berlatih FF-nya (padahal tidak gampang sih). Cocok juga untuk belajar menulis dergaya sastra, dan akan membebaskan Anda memilih gaya bahasa sendiri.

Itulah review saya tentang grup kepenulisan yang dinamis. Muda dalam bilangan usia, namun nyata dalam menerbitkan, dan menertibkan karya.

#GrupKepenulisanIndonesia
#LoVrinzAndFriend

Comments

  1. Setuju sama Mbak Kayla. Adminnya ramah-ramah. Dari sana banyak sekali ilmu yang didapatkan. Salut sama LRF :)

    ReplyDelete
  2. Setuju sama persetujuan Mba Ratna ^_^

    ReplyDelete
  3. Kazuhana El Ratna ... Dari nol di sana bisa ...

    Dini Nurhayati ... Setuju dengan persetujuanmu juga :)

    ReplyDelete
  4. Iya Mbak Kayla. Dari tak tahu apa-apa jadi nambah wawasan yang luar biasa. :) Jadi betah di sana

    Mbak Dini tak kasih :) ah karena sudah setuju

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ... sangat senang bila Anda meninggalkan komentar, atau sharing di sini. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Salam santun sepenuh cinta
Kayla Mubara